Sunday, May 21, 2017

Keragaman Kuliner di Temanggung Yang Unik

Keragaman Kuliner Khas Temanggung


Temanggung adalah Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Temanggung terletak di antara Gunung Sumbing dan Sindoro. Dan berbatasan langsung dengan 4 Kecamatan di Jawa Tengah yaitu Kendal, Semarang, Magelang, dan Wonosobo.

Temanggung terkenal sebagai penghasil kopi dan tembakau terbesar di Jawa Tengah. Hampir 40% dari Temanggung menyumbangkan produk kopi di Jawa Tengah. Sedangkan bahan pembuat tembakau dikenal dengan sebutan rokok Temanggung. Di Temanggung, tanaman tembakau banyak dibudidayakan di daerah lereng Gunung Sindoro dan Sumbing, kapal.

Selain sebagai penghasil kopi dan tembakau terbesar di Jawa Tengah. Temanggung memiliki kuliner dan masakan khas khas yang beragam dan unik-unik. Keistimewaan yang paling penting dari Temanggung yang sangat terjangkau ini sekali karena harganya murah namun mewah di lidah. Selain makanan, Kabupaten ini juga memiliki banyak cinderamata yang diburu oleh wisatawan. Inilah beberapa makanan dan mendapatkan souvenir Temanggung yang perlu Anda buru-buru dan dijadikan sebagai souvenir saat berkunjung ke Kabupaten.

1. Sego Gono


Sego gono adalah masakan Baldi terbbuat khas dari nasi yang dicampur dengan sayuran-sayura. Ada kacang-kacangan, kol, daun violet diris tipis, parutan kelapa, ikan teri dan tempe. Biasanya ditambah ketang dan jeroan konten. Rasa gurih dan lezat sangat cocok jika dimakan saat masih hangat.


2. Tiwul


Makanan ini adalah makanan yang terbuat dari tepung singkong diberi air lalu diaduk sampai membentuk butiran seperti pasir. Cara memasak dengan panci masak dan gunakan diapanaskan dicampur dengan gula merah. Rasanya manis akan lebih nikmat jika ditaburi parutan kelapa. Keistimewaan Temanggung terbukti lebih rendah kalori dibanding nasi.

3. Kupat Tahu Batoar


Kupat Batoar ini berbeda dengan yang ada di Magelang. Kupat tahu Temanggung cenderung memiliki rasa kacang yang kuat. Sedangkan di Magelang cendurung memiliki manisnya saus. Kupat tahu ini adalah campuran ketupat dan sayuran yang disiram saus kacang, bawang goreng dan kecap. Lokasi Kupat Batoar Tahu itu di jalan Gilingsari Pandean Temanggung.

4. Wedang Ronde Wasis


Wedang ronde wasis adalah salah satu minuman khas Temanggung yang berbeda dari yang lain. Bedanya dengan wedang ronde lainnya adalah chip tambahan pada makanan mereka. Keripik adalah sejenis gorengan yang terbuat dari kulit Rau. Selain keripik di satu porsi ada kolang kaling lainnya, kacang tanah adalah kacang panggang, dan mochi (bulat) dan saus jahe.

5. Lento


Lento adalah makanan yang terbuat dari singkong ditumbuk halus dicampur dengan tepung kedelai dan kemudian di FRY. Lento memiliki beberapa varian tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Ada kacang hijau lento, singkong dan kacang tolo, serta kedelai. Dengan tradisional parakan Temanggung ini bisa kalian temukan di Market Entho. Pasarnya terletak di gang daerah Entho Chinatown Parakan Temanggung. Pasar ini mulai ramai pada pukul 06.30-11.00 WIB.

6. Perkedel kimpul


Makanan yang satu itu terbuat dari Kimpul atau biasa disebut Taro. Cara pembuatannya dengan cara kimpul (Taro) direbus terlebih dahulu kemudian pure tumbuk dengan cara masuk Setelah dicampur dengan rempah-rempah seperti bawang merah dan putih, lada dan pala. Lalu terbentuk bulat dan di FRY. Rasa gurih akan membuat Anda ketagihan.


7. Tempong

Tempong adalah makanan yang terbuat dari tempe semangit. Tempe tempe di semangit biar duduk beberapa hari sampai agak membusuk. Nah, itu membuat makanan lezat yang satu ini karena tempe sudah membusuk. Cara membuatnya sangat mudah, cukup dengan mencampur tempe semangit tempe seperti cabe, kencur dan kemangi. Kemudian sekali dicampur dengan baik dalam bentuk bola dan ke FRY. Makanan ini sangat cocok souvenir Parakan Temanggung.

8. Entho Cothot


Makanan spesial ini dibuat dari singkong dengan cara dikupas lalu direbus sampai matang dan empuk. Setelah ditumbuk dengan alu sampai halus. Kemudian material yang telah dicetak halus sepanjang kepalan tangan. Ada dua jenis entho cothot yang di FRY dan di dalamnya diberi gula dan yang lainnya diberi warna coklat serta ditambah gula aren.

9. Bubur Saren


Apa makanan khas bubur yang terbuat dari tepung dicampur dengan ketan dan gula merah. Kemudian ditambahkan bumbu seperti jahe, kayu manis dan cengkeh. Disajikan dan disiram dengan santan dan dibungkus dengan daun pisang.

10. Jali


JALI meruakan makanan yang terbuat dari jenis putih, lengket dan lengket. Bedanya dengan yang lain, butirannya yang lengket lebih besar. Rasa kesalahan ini sangat gurih dan sangat pas sekali dinikmati dengan parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah.

11. si Kipo


Nama makanan ini Kipo Kepo sebagai gantinya. Ini adalah kue panjang yang dipanggang dan diratakan. Bahan dasar makanan inilah tepungnya

No comments:

Post a Comment