Sunday, May 21, 2017

Pesona Umbul Ponggok Klaten Yang Menjadi Spot Wisata Terbaik

Pilihan Terbaik Wisata di Klaten


Klaten, sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu tujuan wisata utama kota dengan banyak wisata sejarah. Begini, Candi Prambanan yang merupakan salah satu candi terbesar di Indonesia dan telah dikenal dunia sebagai aset sejarah bangsa Indonesia. Namun, tidak hanya wisata sejarah dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik sekali satu adalah wisata alam. Umbul Manten yang juga dikenal dengan Umbul Janti, merupakan salah satu daya tarik di Klaten yang patut Anda kunjungi jika Anda berwisata ke Central City. Ya, yang satu ini sangat cocok untuk tujuan liburan anda bersama keluarga atau kekasih anda. Tempat ini
Kehadiran Umbul Manten saat ini melengkapi atraksi Klaten, oleh karena itu pantas hanya jika setiap tahun berlalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Klaten terus meningkat tajam. Tidak hanya dari dalam wisatawan dari dalam negeri tapi juga wisatawan mancanegara.

Umbul Ponggok, Klaten Merupakan Hasil Sebuah Proyek Yang Sukses


Sebelumnya upaya Umbul digunakan sebagai sumber irigasi untuk pertanian oleh masyarakat setempat. Tidak hanya itu, masyarakat juga memanfaatkan umbul untuk menjalankan usaha budidaya ikan air tawar sebelum Pemerintah Kabupaten Klaten mulai serius mengembangkan proyek ini secara profesional. Proyek yang bertujuan mentransformasi sejumlah objek menjadi usaha di sana.

Salah satu proyek sukses umbul Umbul Ponggok adalah usaha Klaten, yang namanya sudah sangat dikenal di telinga para wisatawan. Umbul Manten, meski belum sepopuler Ponggok, tapi keindahannya tidak hilang dari Umbul Ponggok. Umbul Manten juga belum dikelola dengan proyek yang serius seperti yang lain dan ada yang baru mencuat sebagai atraksi baru di Internet beberapa waktu belakangan ini.


Kejernihan air itu sejernih kristal, membuat banyak orang ingin tahu betul betapa indahnya tempat tersebut. Oleh karena itu tidak heran meski belum banyak direnovasi dan dipercantik oleh Pemerintah, para wisatawan yang berkunjung ke situs ini berkembang setiap saat.


Asal Usul  Umbul Manten


Umbul Manten, nama yang sangat unik bukan? Umbul Manten, "manten" dalam bahasa Jawa berarti "pengantin wanita", ya, tempat ini dulunya digunakan untuk prosesi semprot sebelum pernikahan bagi penganut orang Jawa tradisional.

Umbul Manten awalnya diduga berasal dari dua sumber air, dimana kedua sumber air tersebut dikenal sebagai Umbul Umbul Pelem dan Peteng. Oleh masyarakat setempat, mantan dua ada juga disebut sebagai Umbul Lanang yang berarti pria dan wanita yang berarti Umbul Wadon.

Ada banyak versi dari cerita kedua yang ada, ada yang mengatakan bahwa Ada Umbul Pelem Lanang, ada juga yang mengatakan bahwa Ada Peteng Umbul Lanang. Ada juga versi lain yang menyatakan kalau Umbul Umbul Pelem Lanang sedangkan Umbul Umbul Peteng Wadon tersebut.

Dikatakan jika mantan Umbul Pelem berada tepat di pinggir jalan, sedangkan Umbul Peteng sendiri cukup jauh dari pinggir jalan. Umbul Peteng terletak di selatan umbul Pelem, dan mengapa namanya Umbul Pelem? Karena umbul umbul dekat seharusnya tumbuh pohon mangga dalam bahasa Jawa berarti "Pelem", darimana nama Umbul Pelem muncul.

Sedangkan untuk mantel Umbul, konon pernah diceritakan sepasang pengantin baru yang baru saja menikah diberi tip oleh orang tuanya untuk tidak keluar rumah menuju matahari terbenam (Maghrib) tiba sebelum 40 hari menikah. Namun, pasangan itu malah akan menaikkan tip orang tua mereka, sebelum 40 hari melewati mereka keluar dari Rumah saat senja mulai datang.

Suami berjala istrinya mendahului, tapi saat dia membelok ke belakang untuk mengetahui keberadaan isterinya dia tidak dapat menemukannya. Rasa jijik yang juga dialami istrinya, dia tidak bisa menemukan calon suaminya yang berjalan di depannya. Lokasi dimana lenyapnya dua orang yang saat ini bernama umbul manten, lokasi dimana dua pengantin wanita saling bertukar hilang dan tidak pernah bertemu lagi.

Entah ceritanya nyata atau sekedar mitos, tapi ada pemandangan tetap yang jelas menjadi Manten yang direkomendasikan bagi Anda yang mencintai alam bebas dengan suasana alam nan indah. Terutama bagi Anda warga Klaten, Anda harus mengunjungi tempat ini! Ajak keluarga dan teman Anda, rasakan kesejukan air dan udara bersih di sana!

Lokasi dan Akses ke Umbul Manten


Pemandangan Klaten yang unik dan indah terletak di dusun Janti, Kelurahan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Anita Klaten, Jawa Tengah. Jika Anda tahu lokasi Umbul Ponggok, maka untuk menemukan Umbul Manten tidak akan sulit karena jaraknya tidak terlalu jauh.
Ada posisi empuk ditegah pepohonan besar, dimana pepohonan disekitar pohon dan disekitarnya masyarakat sekitar dikenal dengan pohon ara.

No comments:

Post a Comment