Saturday, June 3, 2017

Makanan Khas Wonosobo Yang Bikin Kamu Ketagihan

Keistimewaan Wonosobo Menjadi Wisatawan Kuliner Terselubung

Setelah Anda menikmati acara jangan lupa untuk menikmati wisata kuliner yang ada di Wonosobo, spesialisasi Wonosobo ada beberapa yang hanya ada di Wonosobo, mulai dari makanan berat hingga Wonosobo yang khas yang bisa Anda bawa pulang untuk keluarga tercinta Anda, berikut ini adalah Beberapa khas Wonosobo.


Mie Ongklok



Mie ongklok adalah makanan khas Wonosobo yang menjadi ikon kota utama Wonosobo, ongklok mie yang terbuat dari mie, kol, kembang kol, daun daun bawang dicampur dengan sup kacang polong berkanji yang biasa disebut dengan tablet. Mie ongklok biasanya disajikan dengan sate kambing dan juga tempe kemul Wonosobo yang khas, pertama kali kita melihat mie ongklok akan bertanya-tanya dan penasaran bagaimana rasanya, dan ternyata setelah kita menikmatinya maka akan ketagihan.

Ada beberapa warung mie ongklok di Wonosobo yang ramai dikunjungi wisatawan terutama saat liburan, mie ongklok ini akan menguntungkan bila disandingkan dengan sate tempe kemul dan juga jika anda datang ke Wonosobo belum menikmati masakan khas Wonosobo yang tidak lengkap maka wisata anda ke Wonosobo.


Carica

Add caption

Carica adalah buah khas Dieng Wonosobo dan tumbuh hanya di dataran Dieng, memang memang aneh tapi memang benar, beberapa orang mencoba menanam kembali carica di tempat lain tapi yang keluar belum menjadi karibu pepaya biasa, buah carica pepaya ada di Keluarga tapi memiliki bentuk buah yang berbeda, jika kita melihat sekilas pohon pepaya yang sangat mirip, tapi buahnya lebih kecil dan bergelombang, rasa asam mentahnya juga berbeda dalam daging dan keasaman manis pada biji.

Buah Carica di Wonosobo menjadi oleh oleh khas Wonosobo terutama, biasanya dalam bentuk permen carica sudah dikemas ke dalam berbagai kemasan mulai dari cangkir hingga botol, rasanya juga lezat. Produsen carica di Wonosobo ini juga salah satu dari sekian banyak produsen carica di Wonosobo adalah CV Oafindo yang sudah memproduksi carica dan dipasarkan oleh agen di berbagai kota, Carica Cleft Fresh product Oafindo salah satu contohnya, jika anda penasaran dengan ini bisa carica yang dipesan. Online melalui carica.co.id


Purwaceng



Purwaceng adalah tanaman yang ditemukan di Wonosobo dan sebelumnya Scorpion adalah tanaman obat yang dibuat oleh orang-orang disekitarnya untuk penyembuhan berbagai penyakit, mulai dari peningkatan metabolisme tubuh, saraf, otot, mengatasi dingin, kencing, mengatasi sakit rematik dan banyak. lebih.

Tapi purwaceng yang paling terkenal bisa digunakan sebagai Viagra tradisional yang paling berkhasiat di Wonosobo, purwaceng yang kerap diolah menjadi teh atau kopi agar rasanya lebih nikmat.

Sagon


Sagon adalah salah satu makanan khas Wonosobo dan termasuk makanan tradisional, terbuat dari sagu tepung sagu dengan parutan kelapa dan ditambah gula kemudian dipanggang, jika Anda datang ke Wonosobo meluangkan waktu Anda untuk memasarkan Wonosobo, di sana Anda akan ditemukan oleh Wonosobo khas. Yaitu sagon, biasanya para penjualnya akan menjual sagon yang kompleks ini dan lebih enak jika disajikan hangat, dengan bentuk bola dan tebal membuat konsumen ketagihan yang memakannya.


Tempe Kemul



Pandangan pertama mungkin terlihat pada makanan yang pernah kita makan, di tempat lain misalnya pada makanan purwokerto disebut dengan mendoan, tapi tempe kemul adalah masakan khas Wonosobo dengan ciri khas tersendiri, biasanya disajikan dalam bentuk renyah dan ada taburan. Bawang putih, rasanya enak apalagi jika ditambah dengan raw cabe rawit atau cabai ulegan membuatnya terasa semakin nikmat.


Opaque Uap



Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa dengan istilah pastinya buram, tapi kalau datang ke Wonosobo jangan kaget kalau disuguhi makanan khas Wonosobo yang dinamakan buram, buramnya terbuat dari singkong lalu tiriskan kemudian digoreng, biasanya ditambahkan daun bawang sebagai topping, buram ini luas. Diproduksi di berbagai daerah di Wonosobo mis Krakal, kalibeber dan sebagainya.


Nut Dieng


Keistimewaan Wonosobo adalah kacang tanah dieng, masyarakat setempat sering menyebutnya babi dengan kacang tanah, kacangnya memiliki bentuk kacang yang berbeda biasanya kacangnya, Dieng memiliki bentuk lebih besar dan biasa digoreng dengan bumbu penyiraman di atasnya, rasanya seperti hadiah gurih yang cocok untuk keluarga. di rumah.

Keripik Jamur



Kota Wonosobo dulu merupakan penghasil jamur dengan jumlah yang lebih banyak, banyak perusahaan berbasis makanan berdiri terutama jamur, banyak juga industri rumahan yang memproduksi jamur menjadi spesialisasi Wonosobo dalam bentuk keripik jamur, meski bisa kita temukan di daerah lain tapi Wonosobo dari yang sudah dikenal memproduksi tiram jamurnya.

No comments:

Post a Comment