Saturday, June 3, 2017

Kuliner di Magelang Yang Bikin Ketagihan


Anda pasti tahu bahwa namanya adalah kota Magelang kan? Kota yang terletak di sebelah utara kota Jogja ini memiliki banyak tempat wisata.

Jika saya kurang lengkap, rasanya seperti mengunjungi tempat tapi bukan makanan nyobain yang terkenal di daerah tersebut. Nah, kalau begitu mari kita lihat, apa sih sih mantab kuliner di Magelang.

1. Kupat Tahu

 kuliner temanggung

Magelang adalah nih kupat kota yang terkenal itu. Jika saya yang biasa nyebutnya sih tau meludah, nggak tau kenapa disebut begitu, hhe. Jika berjalan di kota Magelang banyah tuh gerobak yang menjual makanan yang satu ini. Udah kayak jadi ikonnya magelang aja, kalau ke Magelang ya makan kupat tau.

Kupat tahu Magelang terdiri dari berbagai bahan, yang jelas sudah pasti kupat dan tahu. Nah, ramuan lainnya seperti sayur goreng, irisan kubis, taburi taoge, daun seledri, dan bawang merah goreng. Bawang, cabai, dan buncis yang sudah diulek, dan ditambah saus kuah akan menambah kenikmatan makanan seperti ini.

Selain berada di Blabak, penjaja kupat tahu juga terlalu banyak terlihat di alun-alun kota. Ada satu komplemen tambahan, yaitu cracker. Pastinya rasa kupat dia makin mantab karena kerupuk kriuk-kriuk menambah nafsu makan kita.
selain kupat tahu dimagelang ternyata ditemanggung juga mempunyai kupat tahu yang khas.


2. Mangut Ikan Lele


Salah satu warung makanan yang menu utama lele hiu rekomended Penuh, dimana ada Kios di dusun Tangkilan. Warung penuh sudah buka sejak 1965, saya tulis warung tua ini masih warung. Susu kelapa yang dilengkapi dengan sambal goreng tentu akan menambah nafsu makan kita. Apalagi ada potongan gorengnya dari tahu Sambal, kacang, cabai merah, hanya cabe hijau pete yang pasti bikin mantab terasa.

Warung yang letaknya tidak jauh dari Jembatan Sungai Pabelan (jembatan perbatasan Magelang, Muntilan) selain itu, ada juga lelenya hiu menu hiu adalah ikan segar goreng dan bawal.


3. Mangut Beong


Nama ikan beong Ya, bukan namanya, kalau namanya menunjukkan satu warung makanan, cieee. Nah, ini adalah ikan paruh ikan segar yang hidup dalam aliran sungai yang cukup berat, bentuknya seperti ikan lele.

Salah satu warung makanannya terletak di pinggir jalan raya borobudur-out, atau tepatnya di desa Bumen, desa Kembanglimus. Tak jauh dari Borobudur mungkin sekitar 1,5 km ke Kecamatan Salaman.

Nama pemiliknya adalah Bu Istiqomah, penerus generasi kedua tempat ini. Seperti namanya Bu Istiqomah selalu istiqomah dalam menjalankan warung ini, hha. Tinggal saja tinggal warung ini hanya sekali di warung kecil, yang didirikan pada tahun 1996. Suatu saat ada ikan pemancing nawarin hasil pancingannya ke warung itu. Singkat cerita, ikan tersebut kemudian diolah menjadi hiu dan ternyata banyak beong yang menyukai menu yang sama itu. Pada tahun 2000 ini mulai warung tuh terkenal, sekarang rata-rata 70-80 kg ikan bisa masak beong.

Nah, tunggu apa lagi? Jika berkunjung ke Magelang, jangan lupa mampir ke kios satu sesuai selera dan mencicipi hiu itu beong sedapnya.

4. Sego godok


Sego dished kalau di bahasa-indonesia-kan berarti nasi rebus, walah apa lagi nasi rebus kok. Emang nyleneh sedikit kuliner ya yang satu ini. Tapi kalau kita tahu prosesnya ya emang direbus.

Proses pembuatan kayak gini nih, kuahnya sudah bumbu rempah-rempah diatas dipanaskan arang arang. Setelah itu nasi putih dan mie termasuk dalam rendaman dan kemudian dimasak sampai matang. Jika sudah matang, tambahkan potongan telur ayam yang sama deh. Bisa juga ditambahkan ati rempelo atau cakar, tergantung selera kita.

Salah satu yang terkenal dished dengan sego warung di nama Magelang Stall Sego dished dengan sebungkus Broto. Ada di Noyoditan, Banjarnegoro (Mertoyudan), Magelang, jika SMA Taruna Nusantara, jalan ke Selatan sedikit lalu belok kiri.

5. Sop Senerek


SOP Senerek adalah warisan makanan Belanda lho. Dikatakan bahwa jaman Belanda sop pertama dibuat menggunakan kacang hijau (disebut Sup Snert), kini kacang polongnya diganti kacang merah yang sama.

SOP terdiri dari kacang-kacangan, daging sapi, wortel, kentang, daun bawang, seledri sangat lezat dimakan saat masih panas. Warung Senerek SOP yang terkenal di Magelang ini menunjukkan Pak Parto. Hal ini terletak di JL. Warung Tulus, tepatnya di toko-toko Mulyo Rejo C No. 12 di sebelah pintu gerbang yang sama untuk me-mount Tidar.



Nah, beberapa tempat terakhir ada di Magelang. Kalau itu soal selera ya tergantung kitanya sih, benar setiap orang beda-beda rasanya. Pokoknya kalau ke Magelang jangan lupa jajal makanan yang ada disana.

baca juga :
- wisata kuliner ditemanggung yang khas unik dan murah. https://wisatadunia.net/makanan-khas-temanggung/

No comments:

Post a Comment