Monday, June 5, 2017

Wisata Kuliner Di Ponorogo Paling Enak Dan Murah

Jika berbicara tentang suatu daerah, tentu tidak melelahkan rasanya jika membicarakan makanan atau masakan secara khusus. Begitu juga saat membicarakan Ponorogo. Wisata Ponorogo tidak hanya alami, tapi juga memiliki beragam masakan yang akan menggoyang lidah antara lain sate ponorogo, ponorogo pecel, jenang mirah, jabung dawet, dll. Kali ini rental akan mengulas beberapa masakan ponorogo Ponorogo.

Sate Ponorogo


Sate Ponorogo adalah tipe yang berasal dari sate Ponorogo. Sate ponorogo berbeda dengan sate madura. Perbedaan yang paling menonjol adalah bagaimana cara memotong daging dari ayam mereka. Jika ayam di Sate atau sate madura-lain Diced Bacon, maka sate ponorogo tidak begitu. Daging ayam di sate ponorogo dipotong tipis menyerupai fillet, sehingga lebih empuk, daging dan lemak juga bisa disisihkan. Perbedaan selanjutnya adalah sate ponorogo melalui proses perendaman (dibacem) di dalam rendaman sehingga lebih bumbunya meresap ke dalam daging ayam.

Sate ponorogo adalah sate ayam Relish Sobikun. Terletak di gang Jalan Lawu saya no. 43, Rumah Makan sate ayam khusus sering dikunjungi oleh pejabat di negeri ini, antara lain mantan Presiden SBY, Jokowi, Aburizal Bakrie, Eddhy Baskoro Yudhoyono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, mantan kepala polisi nasional Bambang Hendarso, serta seniman. Seperti Ahmad Dhani dan Uya Kuya, dan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa sate Ponorogo memang mantab yang benar-benar terasa.


Pecel Ponorogo


Jika kemarin kita bahas tentang khas lorok pecel Pacitan yang khas dengan tradisional kering, Ponorogo juga memiliki pecel khas tersendiri. Seperti pecel, pecel ponorogo terbuat dari sayuran rebus, dan disajikan dengan saus kacang. Hal yang membedakannya adalah ciri tradisional khas ponorogo yang sangat pedas.

Referensi Artikel lainnya :TOP Rekomendasi Wisata Kuliner Ponorogo

Resep Khasiat Nasi Pecel, Ponorogo


Pecel ponorogo ditemukan di hampir seluruh pelosok Ponorogo. Salah satu yang paling terkenal adalah tumpukan pecel Street South Markets Kawung, pound, Ponorogo. Salad ini sedikit berbeda dalam hal penyajian. Pecel stack menyajikan rim. Setelah nasi dan sayuran disiram saus kacang, pecel akan ditumpuk dengan nasi, sayuran dan saus kacang lagi berulang kali dan diakhiri dengan rempeyek tambahan.

Warung pecel favorit lainnya di Ponorogo antara lain:

Pecel Mbah Godong terletak di JL. Basuki Rahmat 78 Ponorogo. Buka dari subuh sampai jam 12.00 siang. Salad ini lebih dari 100 tahun dari 552962376ea834460c8b4569.
Pecel Pedes Ya Tutik terletak di JL. Kumbokarno, Ponorogo
Dilayani dengan Premium Bu Lulut, berlokasi di JL. Dr. Sutomo, di dekat alun-alun Ponorogo. Buka malam hari sampai pukul 03.00.
Pecel Iwak Kali S, yaitu pecel dengan topping iwak kali atau ikan dari sungai-sungai di kawasan S Ponorogo.

Jenang Mirah


Nama Ruby berasal dari nama pembuat jenang frame IE ibu Mirah yang berasal dari desa Josari, Jetis, Ponorogo. Karena orang pertama mengetahui produk dari nama pengarangnya, nama frame Ruby pun sampai sekarang berbaur dengan penjaja khas Ponorogo. Biasa menjadi kuliner khas Ponorogo di sana sejak tahun 1955. Bubur Mirah terbuat dari bahan asli yaitu ketan, kelapa, gula dan kelapa kelapa, tanpa bahan pengawet. Jenang Mirah termasuk makanan basah karena hanya bertahan satu minggu, kecuali di freezer / kompor. Jenang Ruby yang ada di gerai Bubur Ruby mulai pukul 05.30 - 20.00 di jalan raya Ponorogo-Trenggalek Km 7, dekat Pondok Modern Gontor Ponorogo.

Dawet Jabung


Dawet Jabung adalah khas ponorogo. Jagung Dawet banyak dijual di desa Jabung Kecamatan Mlarak. Minumannya mirip es cendol, Palm dan tepung yang terbuat dari santan dengan kelapa dan gula merah.

Salah satu kekhasan dawet jabung adalah pantat siwur atau sendok besar untuk menyiapkan dawet ada ukiran berupa boneka boneka. Ada lagi salah satu hal yang unik dari penjual biasanya dawet wanita ini. Saat penjual menyerahkan dawet Bowl yang berada di atas Piala, jika pembeli membawa Bowl beserta cawannya, berarti pembeli ingin menikah dengan penjual dan jika penjual menyerahkan Bowl beserta cawannya, berarti penjualnya juga Bersedia menikah dengan pembeli. Harus diambil oleh pembeli hanya istirahat. Entah itu masih dipercaya oleh masyarakat atau tidak.

Demikian beberapa kuliner khas Ponorogo. Jangan lewatkan untuk menikmati makanan khas saat mereka berkunjung ke Ponorogo, Ponorogo.

No comments:

Post a Comment